Sunday, July 03, 2011

Tentang Pengendalian Diri

Setelah gue pikir-pikir, taulah yah, dengan daya pikir gue yang ngga seberapa ini, gue menyimpulkan bahwa kelemahan terbesar gue saat ini adalah pengendalian diri. Kalo mau jujur sih, sebenernya gue ngga perlu mikir juga buat sampe di kesimpulan ini, kan adek gue juga udah sering bilang... "Intinya cuma pengendalian diri, kakkkkk,". Huffff. Mungkin ini bakalan jadi pelajaran dan pelatihan seumur idup buat gue, dengan kecepatan belajar gue yang super lelet itu, gue akan -seperti biasa- maju dua langkah, mundur satu langkah, maju dua langkah lagi, mundur satu langkah. Ya semoga aja kaya gitu. Jangan sampe maju satu langkah trus mundur dua langkah... minus dah. Jadiiiii, mari kita analisa satu persatu.

1. Mengendalikan perasaan
Gue gampang banget kebawa perasaan. Misalnya, gue lagi sedih karena sesuatu, bisa-bisanya tuh segala sesuatu di sekitar gue malah jadi ikut-ikutan bikin gue sedih. Contoh soal, gue sedih karena si ganteng pujaan hati gue ngga nyapa gue sama sekali hari ini (penting banget yah), maka bahkan masakan babi rica gue yang biasa-biasa itu aja bakal ikutan bikin gue sedih. Padahal kan biasanya si babi rica itu juga rasanya kaya gitu, orang pake bumbu instan Munik, manalah berubah rasanya. Tapi bisa tuh gue jadi sedih banget karena rasa masakan gue yang seadanya. Lebay emang.

2. Mengendalikan pikiran
Pikiran gue tuh gampang banget lari-lari ke mana-mana. Ke arah yang ngga penting sama sekali, alias susah fokus. Bisa-bisanya gitu yah, gue lagi ngerjain tugas trus tiba-tiba pikiran bilang sama gue, "elo mau mati-matian juga ngerjain itu tugas sebagus-bagusnya, paling-paling tar dapet nilainya sekitar 50-60 doang.. bagus bisa dapet 60, biasanya juga kepala 5 udah gitu kurusssss... mending sekarang fesbukan aja, lebih asik." Padahal yah, apa sih sebenernya pentingnya dan asiknya fesbukan? Huffff.

3. Mengendalikan mood
Ini yang paling susah. Gue tau sih, mustinya mood itu kan berhubungan ama perasaan dan pikiran, tapi seringan gue tiba-tiba ngga mood buat ngapa-ngapain padahal gue sih ngga merasa lagi merasakan apapun yang aga-aga lebay dan pikiran gue terus-terusan bilang sama gue, "Ayo dong, Ndangseeeee mulai kerjaaaa. You're running out of time and you don't have all day to do this simple thing." Tapi tetep aja, gue bakal duduk diam dan bengong dan ngga ngapa-ngapain, Kadang bisa sehari penuh. Oh my.

Dan sekarang gue tiba-tiba males nerusin tulisan gue ini. Halahhhhh. Payah nih gueeee. Mungkin gue sebaiknya mandi dan mulai bekerja. Kerja, kerja, kerjaaaaaa!!!!

No comments: